SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Sabtu, 12 November 2011

Tugas Besar Manajemen Proyek

Jika teman-teman kuliah dalam bidang ilmu teknik sipil, tentu tak asing lagi dengan mata kuliah yang satu ini yaitu Manajemen Proyek.
    Pada suatu proyek, Manajemen proyek ini haruslah berjalan dengan baik. tanpa manajemen yang baik mustahil suatu proyek akan berjalan dengan baik.
nah, kali ini saya akan membahas tentang salah satu ilmu teknik sipil yaitu ilmu Manajemen Proyek.
    Bagi teman-teman yang kuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya Semester 4 ( Kalau Jaman Saya ) maka akan mendapatkan mata kuliah manajemen proyek ini. memang, setiap dosen tentu akan beda cara mengajar dan memberi tugas besarnya. namun, kali ini saya ingin sekedar berbagi tentang tugas besar yang saya kerjakan dulu.

Pada jaman saya ketika masih semester 4 di Jurusan Teknik Sipil di Politeknik Negeri Sriwijaya saya mendapatkan tugas besar yaitu tugas Manajemen Proyek. Ketika itu kami diharuskan mencarai file perhitungan RAB  yang sudah ada dengan syarat minimal bangunan 2 lantai. Saya mengambil RAB Ruko yang saat itu saya dapat dari teman saya. RAB Itu dapat teman-teman download disini
   Nah. Setelah mendapatkan Rab tadi maka kita memulai menghitung durasi pekerjaan, misalnya pekerjaan pembersihan selesai dalam berapa hari, dan terus dihitung sampai pekerjaan finishing. setelah itu maka baru kita membuat Grapik Kemajuan Pekerjaan ( Barchat ). perhitungan durasi dan Grafik Barchatnya telah saya sertakan dalam satu file di RAB Ruko Tadi.
   Nah, selesai sampai situ. tentu tidak, namanya tugas besar, tentu banyak yang harus diselesaikan. setelah menyelesaikan grafik barchat maka kita membuat Urutan Pekerjaan yang harus diselesaikan, pekerjaan apa yang dapat dibarengkan, pekerjaan apa yang harus menunggu dan sebagainya. nah, urutan pekerjaan itu disebut CPM yang dibuat dalam Software AutoCAD. File CPM tadi dapat teman-teman download disini
   Setelah selesai membuat CPM. Maka dilanjutkan dalam pembuatan PDM. Jika CPM menggunakan software AutoCAD maka PDM ini menggunakan software Microsoft Office Project. Prinsip pembuatan PDM sama dengan pembuatan CPM. Bedanya, jika PDM menggunakan sofware project maka kita hanya menginput datanya, sedangkan grafiknya langsung tergambar disebelahnya. file PDM yang saya kerjakan tersebut dapat teman-teman dowload disini



Baca Juga >>>>
Tugas-besar-mata-kuliah-estimasi-biaya.
Kumpulan-desain-rumah
Kegiatan-praktek-di-semester-iv


2 komentar:

  1. thanx ya atas filenya ...
    pingin 100an ebook teknik 100% GRATIS
    kunjungi di ebookteknik.com
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sama-sama Saudara Teguh Santoso....
    terimakasih juga telah sharing dan memberi link ke ebokteknik.com. ebooknya bagus-bagus. semoga bisa kerjasama kita.

    BalasHapus