SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Minggu, 06 November 2011

TUGAS BESAR MATA KULIAH ESTIMASI BIAYA SEMESTER IV

        Pada semester 4 khusunya pada mata kuliah Estimasi biaya, kami mendapatkan tugas besar yaitu menghitung biaya bangunan rumah serta membuat jadwal dan waktu pekerjaan.
       saya teringat ketika semester 2 pernah mendapat tugas besar untuk mendesain rumah. nah, desain rumah itu yang akan saya gunakan untuk tugas besar pada semester 4 kali ini.
       desain rumah itu dapat teman-teman download disini atau teman teman ingin melihat referensi kumpulan desain rumah yang lain, download aja disini.

     
             Nah, tugas besar pun mulai saya kerjakan. pertama saya mengerjakan atau merinci uraian pekerjaan terlebih dahulu, dari pekerjaan persiapan hingga finishing. setelah itu lalu saya menghitung volume pekerjaan. Lalu, saya menghitung analisa harga satuan pekerjaan. namun untuk menghitung AHSP ( analisa harga satuan pekerjaan ) kita butuh daftar biaya atau harga satuannya. harga itu tergantung dari daerahnya masing-masing. saya memakai master analisa 2010 kota Palembang yang teman-teman dapat mendownloadnya disini.

         setelah selesai menyusun AHSP, Maka kita baru membuat Rencana Anggaran Biaya ( RAB ). setelah selesai semua menyusun RAB maka dilanjutakan dengan menghitung atau merekab total biayanya. tidak sampai disitu, dalam tugas besar inipun kami disuruh merekap bahan dan tenaga sehingga kita mengetahui pada pekerjaan pondasi misalnya berapa tukang, pekerja,mandor,semen,batu kali dan lain-lain yang diperlukan. setelah itu tentu harus membuat dan memperkirakan durasi pekerjaannya. setelah membuat durasi pekerjaan maka kita dapat mengerjakan Grafik kemajuan pekerjaan ( Barchat ). nah, teman-teman dapat mendownloadnya file excel tentang perhitungan rumah saya ini disini.....
itulah pekerjaan saya tentang tugas besar Estimasi Biaya.


8 komentar:

  1. makasi kakak, postingannya ngebantu banget buat tugas ebay saya sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama adekk

      semoga dapat saling share ilmu sipil

      Hapus
  2. kok gak bs di download
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. itu ada di link ziddu. ikuti petunjuk dari ziddu untuk mendownload filenya

      Hapus
  3. postingannya bermanfaat sekali, makasih kak.. izin download buat referensi tugas ya kak hehe

    BalasHapus
  4. bisa minta filenya kak.karena ngak bisa didownload ni

    BalasHapus
  5. Mohon maaf atas dokumen yang tidak bisa di download. mohon cek postingan terbaru andykasipil, di situ sudah saya perbaiki link downloadnya. terimakasih

    BalasHapus