Rabu, 21 Desember 2011

Contoh Proposal KBGI ( Kontes Bangunan Gedung Indonesia ) Tim Segentar Alam

Latar Belakang KBGI


Sebagian wilayah Indonesia merupakan kawasan yang mempunyai tingkat ancaman kegempaan tinggi. Data yang berhasil dicatat menunjukkan bahwa rata-rata setiap tahun terjadi sepuluh gempa bumi di Indonesia yang mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Sebagian gempa berpusat di daerah lepas pantai dan sebagian lagi di daratan. Kerugian akibat gempa dapat berupa kerusakan/kehancuran infrastruktur bangunan dan bahkan sering diikuti jatuhnya korban manusia.
Dengan menerapkan prinsip-prinsip rekayasa yang benar, detail konstruksi dan pelaksanaan teknis yang baik, kerugian harta benda dan jiwa manusia diharapkan akan dapat dikurangi (diminimalisir) ketika gempa terjadi. Beban gempa yang terjadi pada suatu bangunan juga tergantung pada keadaan (features) dari bangunan tersebut, yakni antara lain hal-hal teknis yang bertalian dengan fleksibilitasnya, berat konstruksinya dan kualitas material serta struktur dari konstruksi yang ada. Bangunan yang fIeksibel akan menerima beban gempa yang lebih kecil dibandingkan bangunan yang kaku. Bangunan yang lebih ringan akan menerima beban gempa yang lebih kecil daripada bangunan yang berat; dan bangunan yang kenyal (daktail) akan mampu menyerap (mendisipasi) energi gempa yang lebih besar dari pada bangunan yang getas. Bangunan getas di bawah beban gempa lebih memungkinan akan runtuh secara mendadak. Pada umumnya keruntuhan yang bersifat tiba-tiba (brutal) dari bangunan menjadi faktor penyebab utama dari jatuhnya banyak korban jiwa, karena keruntuhan tiba-tiba tidak memberikan waktu yang cukup bagi orang untuk menyelamatkan diri keluar dari dalam bangunan ketika gempa terjadi. Sebaliknya bangunan yang daktail akan mampu memberikan waktu yang lebih lama bagi orang untuk keluar dari dalam bangunan sebelum keruntuhan bangunan terjadi. Selain lebih ringan, bangunan dari kayu dapat digolongkan sebagai bangunan yang kenyal sehingga sangat diharapkan jika keruntuhan harus terjadi tidak akan bersifat tiba-tiba.
Pada tahun 2009 dan 2010 telah diselenggarakan ajang Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-1 dan ke-2. Kedua kegiatan KBGI ini diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – Dit. Litabmas Dikti yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta. Kedua kegiatan ini telah diselenggarakan dengan mengikutsertakan 9 (sembilan) Tim terseleksi/finalis, dan mengambil tempat di Politeknik Negeri Jakarta.
Pada tahun 2011 ini akan diselenggarakan kembali kegiatan serupa, yaitu KBGI ke-3 yang akan dilaksanakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Indonesia pada tanggal 25 s/d. 27 Nopember 2011. Penilaian Lomba/Kontes didasarkan atas hasil evaluasi terhadap Proposal Teknis dan Pelaksanaan Konstruksi serta Pengujian Model Bangunan di site plan (lokasi Kontes). Kontes ini dapat diikuti oleh peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik yang berasal dari disiplin ilmu Teknik Sipil maupun disiplin ilmu lainnya yang terkait dengan pembuatan bangunan gedung.
Pada ajang KBGI ke-3 ini, salah satu unsur dari penilaian konstruksi bangunan adalah aspek material konstruksi yang digunakan dalam Kontes, yaitu yang bersifat ramah (berwawasan) lingkungan, namun secara teknis material konstruksi tersebut juga mampu menahan beban gempa dan faktor pengaruh alam lainnya.
Finalis KBGI Ke-3 Tahun 2011
Berdasarkan Keputusan Dewan Juri Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-3 Tahun 2011 atas Evaluasi Proposal, maka yang dinyatakan LULUS sebagai Finalis KBGI ke-3 Tahun 2011 yang akan dilaksanakan 26-27 Nopember 2011 di Universitas Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Politeknik Negeri Malang                            (RUM BAJA WALI)
  2. Universitas Negeri Malang                          (THE CARPENTER)
  3. Universitas Brawijaya                                 (KEN AROK TEAM)
  4. Institut Teknologi Sepuluh November          (FAR TEAM)
  5. Universitas Jember                                     (TAWANG ALUN)
  6. Politeknik Negeri Jakarta                            (ALMABANII)
  7. Universitas Indonesia                                  (PUNTADEWA)
  8. Politeknik Negeri Sriwijaya                    (SEGENTAR ALAM)
  9. Politeknik Negeri  Bandung                         (BARUDAK DEWA)
Pemenang Lomba KBGI Ke-3 Tahun 2011
Gambar diatas merupakan data pemenang KBGI Ke-3 Tahun 2011. Data resminya dapat dilihat pada situs KBGI http://www.kji-kbgi2011.ui.ac.id. Seperti yang telah saya posting sebelumnya tentang Tim Segentar Alam Menjuarai Lomba KBGI , Politeknik Negeri Sriwijaya Berhasil Menyabet Juara 2 dan 2 Juara Kategori yaitu pada Kategori K3L Terbaik dan Metode Pelaksanaan Kontruksi Terbaik.
Namun, sebelum mendapatkan hasil tersebut, tentu tim segentar alam (Polsri) telah bekerja keras dalam menyusun proposal sehingga proposal tersebut bisa tembus dan menjadi finalis KBGI Ke-3. Nah, disini saya akan sharing dan berbagi tentang proposal tersebut.
Contoh Proposal Tim Segentar Alam (POLSRI) Bisa anda download disini 
Contoh File Presentasinya bisa di download disini
Password : andykasipil.blogspot.com
Data dalam posting ini ( www.andykasipil.blogspot.com) diambil dan diadopsi dari situs resmi KBGI yaitu www.kji-kbgi2011.ui.ac.id. Format dan desain di posting ini disesuaikan oleh admin www.andykasipil.blogspot.com.
Baca Juga  >>>
Laporan Kerja Praktek ( Magang )
Contoh Proposal Kerja Praktek
Tugas Besar Manajemen Proyek
Tugas Besar Mata Kuliah Estimasi Biaya
Kumpulan Desain Rumah

 

14 komentar:

  1. ada passwordnya

    BalasHapus
  2. andyka affandy5 Januari 2012 14.17

    paswordnya ada di dalam entri ini bagian bawah.

    BalasHapus
  3. makasih banyaaak.. :)

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum, mas.

    Saya udah coba berkali2 contoh proposal dan persentasi KBGI ga bisa terus.....

    kirim ke email saya mas, makasi.

    agus_budiyanto321@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti petunjuk dari ziddunya bos. saya sudah coba linknya bisa

      Hapus
  5. Ndesssoooo,,,ngunu ae gak iso gus agus...

    BalasHapus
  6. makasih byk bg,,,ilmunya sangat berguna

    BalasHapus
  7. ass.wr.wb... bg,,, saya dari teknik sipil unsyiah 2012... bole gak saya minta akun FB twtter atau pin abg? mw sharing2 tentang proposal abg... insya Allah mw ikut tahun ni, tahun kemarin gk sempat.
    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akun FB ada di sebelah kanan blog ini. Semoga lulus seleksi ya?

      Hapus
  8. pasword setelah didwonload untuk membuka file zip nya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. passwordnya ada di entri paling bawah

      Hapus