SELAMAT DATANG DI -- www.andykasipil.blogspot.com -- BERBAGI SEPUTAR ILMU TEKNIK SIPIL

Jumat, 31 Agustus 2012

Cara Mudah Perencanaan Jalan Aspal

Jalan merupakan hal terpenting untuk dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Dengan jalan maka mobilisasi perekonomian akan cepat.
Jalan yang bagus tentu harus dengan perencanaan yang baik pula. kali ini saya akan menjelaskan tentang perencanaan perkerasan jalan untuk pembukaan jalan baru. Pembukaan jalan baru tentu terlebih dahulu harus membebaskan lahan yang akan dilalui oleh jalan tersebut. Itulah yang membuat proyek jalan memakan waktu yang lama bahkan proyek jalan bisa menjadi proyek multi-years.

Contoh soal perencanaan perkerasan jalan baru :
Rencanakan tebal perkerasan untuk jalan 2 jalur dengan data lalu lintas yang dikumpulkan pada tahun 1991 seperti dibawah ini :

Data lalu lintas tahun 1991 :
1. Kendaraan ringan 2 ton = 90 Kend/hari/2 jurusan
2. Bus 8 ton = 3 Kend/hari/2 jurusan
3. Truk 2 as 10 ton = 2 Kend/hari/2 jurusan
maka total LHR tahun 1991 = ( 90 + 3 + 2 ) = 95 kend/hari/2 jurusan

jalan dibuka tahun 1995
pertumbuhan lalulintas selama pelaksanaan = 5%/tahun
pertumbuhan lalulintas setelah jalan dibuka = 6%/tahun
umur rencana jalan, UR = 10 tahun
daya dukung tanah dasar , CBR = 3,4 %
Faktor regional, FR = 1,0

Bahan perkerasan :
Lapis permukaan  = Lapen mekanis
Lapis pondasi atas = Batu pecah, CBR 50%
Lapis pondasi bawah = Tanah kepasiran, CBR 20%

Penyelesaian

Sabtu, 25 Agustus 2012

SEJARAH ASPAL DI DUNIA

Perkerasan Jalan
Sejarah penggunaan aspal telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi oleh bangsa Sumeria dan Mesopotamia. Mereka menggunakan aspal (sering disebut bitumen) sebagai lapis pengedap untuk bak mandi maupun kolam-kolam air di istana dan kuil. Tentu saja aspal yang digunakan adalah aspal yang didapat secara alami. Aspal terdapat di alam dalam bentuk lake asphalt (seperti dodol) dan rock asphalt (biasanya keras, campuran dari aspal, tanah, kapur, dan lempung). Aspal tercatat pertama kali digunakan sebagai bahan konstruksi jalan, terjadi di Babilonia sekitar tahun 625 SM pada masa kekuasaan Raja Naboppolassar seperti yang tercatat dalam prasasti peninggalannya.
Istilah aspal berasal dari bahasa Yunani kuno asphaltos, kemudian bangsa Romawi mengubahnya menjadi asphaltus, lalu diadaptasi ke dalam bahasa Inggris menjadi asphalt, dan kita menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi aspal. 
Berabad kemudian setelah jaman Babilonia, Sir Walter Raleigh menuliskan dalam catatannya (tahun 1595) tentang penemuan deposit lake asphalt di Trinidad, dekat pantai Venezuela. Dia menggunakan aspal tersebut sebagai pelapis dinding kapalnya.
JOhn Metcalf
Sejarah penggunaan aspal untuk pembuatan jalan di abad modern dapat ditelusur kembali pada masa abad ke 18. Seorang insinyur Inggris yang bernama John Metcalf (lahir 1717) harus membangun jaringan jalan di Yorkshire dengan total panjang hampir 300 km. Jalan dibuat dengan batuan berukuran besar diletakkan di bawah sebagai pondasi yang kuat, kemudian di atasnya diberi batu galian, lalu kerikil sebagai lapis penutup. Thomas Telford membangun jaringan jalan di Skotlandia pada tahun 1803-1821 sepanjang hamper 1.500 km. Telford menyempurnakan metode pembuatan jalan Metcalf, dengan mengganti batu galian dengan batu pecah. Ketebalan lapisan batu pecah juga sudah dihitung berdasar karakter lalu lintas yang akan melintasi.

Minggu, 19 Agustus 2012

Cara Mudah Menghitung Biaya Besi

Besi  atau tulangan merupakan komponen yang paling penting dan juga harganya yang relatif mahal, Untuk itu perhitungan volume besi yang dibutuhkan sangatlah penting. Bagaimana membuat suatu struktur itu aman, nyaman, kuat namun hemat dan efisien.
Kali ini saya akan menjelaskan cara sederhana menghitung biaya besi pembuatan sloof.
Cara Sederhana Menghitung Biaya Besi Pembuatan Sloof terhitung lebih mudah menurut saya, Cara Sederhana Menghitung Biaya Besi Pembuatan Sloof ini tidak menggunakan metode atau rumus ilmu teknik sipil. Bagaimana hasil yang kita dapatkan, tentunya tidak seakurat ketika kita menggunakan ilmu teknik sipil tetapi ini cukup mudah dipahami dan mungkin sangat membantu bagi orang awam seperti saya. Cara Sederhana Menghitung Biaya Besi Pembuatan Sloof pastinya sangat kita butuhkan sebagai bahan acuan atau perkiraan biaya sebelum kita memutuskan untuk membuat suatu bangunan, alternatif ini kita pakai tentunya jika kita tidak menggunakn jasa konsultan untuk membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) rumah yang akan kita bangun.
Cara Sederhana Menghitung Biaya Besi Pembuatan Sloof yang saya pakai adalah metode berdasarkan logika nyata, langkah – langkah menganalisanya pun cukup sederhana dimana ada 2 informasi utama yang kita butuhkan antara lain :

Selasa, 14 Agustus 2012

Uniknya Kontruksi Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Jembatan Nasional “Suramadu” (Surabaya Madura) adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp. 4,5 triliun.

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari 3 sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

KONSTRUKSI

Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari 3 jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan 4 lajur 2 arah selebar 3,5 meter dengan 2 lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.

Minggu, 05 Agustus 2012

Informasi Hotel di Palembang

ilustrasi hotel
Bagaimana perkembangan hotel di Palembang? Semakin terkenalnya nama Palembang, semakin banyak orang mengunjungi kota Bumi Sriwijaya tersebut. Kebutuhan akomodasi tentunya menjadi sesuatu yang tidak bisa terhindarkan. Terutama ketika akan menghadapi Sea Games ke-26 pada tanggal 11 November - 22 November 2011. Pembangunan hotel-hotel baru seolah saling berpacu dengan waktu. Tanpa terasa sudah berdiri beberapa hotel baru dengan beragam jumlah bintang yang disandangnya.

Hotel-hotel baru tersebut melengkapi keberadaan hotel di Palembang yang terlebih dahulu sudah berdiri. Pembangunan hotel ini ternyata belum juga berhenti. Terdengar kabar bahwa pebisnis Korea Selatan akan membangun hotel di Palembang. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menginvestasikan dananya untuk pembanguan tiga hotel baru.
Suatu berita yang cukup mencengangkan. Betapa para investor itu percaya kalau kota Bumi Sriwijaya akan mampu memberikan keuntungan yang cukup besar terutama untuk bidang bisnis jasa, dalam hal ini jasa hotel di Palembang.

Rabu, 01 Agustus 2012

Menghitung Rangka Batang Menggunakan Program MD SOLID

Anda kenal program MD Solid ?
Ya. Program satu ini adalah program untuk perhitungan beberapa permasalahan struktur dalam bidang teknik sipil. 

Disamping ini merupakan tampilan awal program MD Solid ini. Terdapat 12 kategori yang dapat kita pilih sesuai permasalahan yang akan kita selesaikan.

Program ini juga dapat anda download di blog ini pada menu Aplikasi Sipil . Atau tinggal klik disini.

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan menggunakan program ini dengan mengambil salah satu permasalahan yaitu menghitung rangka batang jembatan menggunakan program ini. Baik simak baik-baik penjelasan berikut ini !!